RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL(RPLBK)
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Sasaran : Peserta
Didik Kelas XI
Fase :
F
Alokasi Waktu : 2 X 45
menit
Topik/ Materi : Kiat
Meningkatkan Ibadah
Bidang Layanan : Pribadi
Strategi Layanan : Bimbingan
Klasikal
Capaian Layanan
: Mencapai pengembangan diri sebagai remaja yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME.
Model dan Moda : Pembelajaran Kolaboratif
Media : Slide PPT dan Google form.
Alat : Laptop, Proyektor dan HP.
TUJUAN LAYANAN |
Tahap Pengenalan |
Tahap Akomodasi |
Tahap Tindakan |
Peserta didik mampu menemukan konsep ibadah menurut
agamanya. |
Peserta didik mampu menyatakan pendapat tentang makna ibadah
sesuai dengan pengetahuannya. |
Peserta didik mampu mempraktekkan displin ibadah yang penuh makna . |
|
SUMBER |
1. Slamet, dkk 2016, Materi
Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 10, Yogyakarta, Paramitra 2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra 3. Eliasa
Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan
(games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra |
||
LANGKAH KEGIATAN |
|||
1.
Kegiatan Awal |
a. Guru BK membuka dengan salam dan berdoa b. Guru BK membina hubungan baik dengan
peserta didik c. Guru BK menyampaikan tujuan layanan d. Guru BK mnjelaskan langkah-langkah, tugas
dan peran peserta didik dalam kegiatan ini. e. Guru BK menanyakan kesiapan kepada peserta
didik |
||
2.
Kegiatan Inti |
a.
Guru BK mempresentasikan materi sebagai arah pemecahan
masalah. b.
Guru BK meminta peserta didik untuk mengidentifikasi
masalah yang muncul. c.
Guru BK mengajak peserta didik untuk menentukan
Hipotesa (jawaban sementara atas malah) d.
Guru BK mempersilahkan peserta didik untuk mencari
informasi terkait hipotesa. e.
Guru BK memandu peserta didik dalam memverifikasi
pembuktian hipotesa. f.
Guru BK mengajak siswa untuk menyimpulkan. g.
Guru BK memandu jalannya diskusi h.
Guru BK memberikan kesempatan peserta didik untuk
mempresentasikan hasil diskusinya. |
||
3.
Kegiatan Penutup |
a.
Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang
terkait dengan materi layanan b.
Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang c.
Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam |
||
PENILAIAN |
|||
1.
Asesmen proses |
Guru BK memperhatikan proses layanan serta
melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar
observasi dan merekam proses
layanan klasikal |
||
2.
Asesmen Hasil |
Peserta didik mengisi
angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya
topik
yang dibahas, cara penyampaiannya. (melalui link google form), Suasana pertemuan menyenangkan dengan
menampilkan video dan gambar |
||
TINDAK LANJUT |
Layanan ini dapat ditindak lanjuti dengan
layanan yang bersifat individu maupun kelompok. |
Mengetahui: Ampelgading, 11 Juli 2022
Kepala
Sekolah Guru
BK
0 Komentar