RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (KURIKULUM MERDEKA)

 


RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN

BIMBINGAN KLASIKAL(RPLBK)

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

Sasaran                                                : Peserta Didik Kelas XI

Fase                                                     : F

Alokasi Waktu                                     : 2 X 45 menit

Topik/ Materi                                       : Kiat Meningkatkan Ibadah

Bidang Layanan                                    : Pribadi

Strategi Layanan                                   : Bimbingan Klasikal

Capaian Layanan                                 : Mencapai pengembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.

Model dan Moda                                 : Pembelajaran Kolaboratif

Media                                                  : Slide PPT dan Google form.

Alat                                                      : Laptop, Proyektor dan HP.

 

TUJUAN LAYANAN

 

 

 

Tahap Pengenalan

Tahap Akomodasi

Tahap Tindakan

Peserta didik mampu menemukan konsep ibadah menurut agamanya.

Peserta     didik     mampu

menyatakan pendapat tentang makna ibadah sesuai dengan pengetahuannya.

Peserta didik mampu mempraktekkan displin ibadah yang penuh makna  .

SUMBER

1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 10, Yogyakarta, Paramitra

2.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra

3.  Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra

LANGKAH KEGIATAN

1.   Kegiatan Awal

a.    Guru BK membuka dengan salam dan berdoa

b.    Guru BK membina hubungan baik dengan peserta didik

c.     Guru BK menyampaikan tujuan layanan

d.    Guru BK mnjelaskan langkah-langkah, tugas dan peran peserta didik dalam kegiatan ini.

e.    Guru BK menanyakan kesiapan kepada peserta didik

2.   Kegiatan Inti

a.       Guru BK mempresentasikan materi sebagai arah pemecahan masalah.

b.      Guru BK meminta peserta didik untuk mengidentifikasi masalah yang muncul.

c.      Guru BK mengajak peserta didik untuk menentukan Hipotesa (jawaban sementara atas malah)

d.      Guru BK mempersilahkan peserta didik untuk mencari informasi terkait hipotesa.

e.      Guru BK memandu peserta didik dalam memverifikasi pembuktian hipotesa.

f.        Guru BK mengajak siswa untuk menyimpulkan.

g.      Guru BK memandu jalannya diskusi

h.      Guru BK memberikan kesempatan peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

3.   Kegiatan Penutup

a.    Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan

b.    Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang

c.    Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam

PENILAIAN

1.   Asesmen proses

Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi dan merekam proses layanan klasikal

2.   Asesmen Hasil

Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan  layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya  topik yang dibahas, cara penyampaiannya. (melalui link google form), Suasana pertemuan menyenangkan dengan menampilkan video dan gambar

TINDAK LANJUT

Layanan ini dapat ditindak lanjuti dengan layanan yang bersifat individu maupun kelompok.

 

 

Mengetahui:                                                                                          Ampelgading, 11 Juli 2022

Kepala Sekolah                                                                                    Guru BK

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar